Ilustrasi
strategi apa yang digunakan oleh perusahaan apabilla memiliki watak seperti
saya
Watak Konsumen
:
1.
Harga yang murah dan bersahabat.
2.
Tempat yang nyaman, sejuk dan bersih.
3.
Pelayanan dan servis yang ramah baik dan sopan.
4.
Kualitas barang atau jasa serta pelayanan yang baik.
Strategi Penjualan Rumah Makan Jakarta.
Suatu perusahaan atau produsen dalam mendirikan dan menjalankan sebuah
bisnis harus memiliki strategi untuk perkembangan dan kemajuan perusahaannya di
masa yang akan datang. Strategi ini juga sangat berguna untuk menentukan apa
produk yang akan dijual, dimana produk akan di pasarkan, berapa harga produk
yang optimal, dan juga bagaimana cara promosi dari produk ini sendiri.
Dalam aktivitas memasarkan produk, pemasar membuat
keputusan dan menggunakan berbagai kaedah untuk mendapatkan respon positif
daripada pelanggan sasaran. Jerome McCarthy telah mengklasifikasikan kebanyakan
kaedah tersebut kepada empat group utama iaitu Product, Price, Place
& Promotion yang merupakan Bauran Pemasaran yang biasa digunakan
oleh pemasar. Bauran ini juga biasa disebut sebagai strategi pemasaran 4P.
Untuk mencapai objektif pemasaran melalui strategi 4P, pemasar perlu
memanipulasi dengan cara yang paling efektif di antara variables yang
terdapat dalam bauran pemasaran tersebut supaya menghasilkan respon yang optima
di kalangan pelanggan sasaran.
Secara
ringkas, antara variables yang dimaksudkan bagi setiap P
berkenaan ialah:
Product
|
Price
|
Place
|
Promotion
|
- Variety
- Quality
- Design
- Features
- Brand name
- Packaging
- Sizes
- Service/support
-
Returns/benefits
-
Warranties
|
- List price
- Discounts
- Allowances
-
Payment period
- Credit terms
|
- Channel
- Coverage
- Assortments
- Location
- Inventory
- Logistics
- Service level
|
- Sale
promotion
- Advertisement
- Personal selling
- Public
relations
-
Message
- Media
-
Budget
|
Menurut para
ahli, Pemasaran adalah
- Suatu sistem keseluruhan dari kegiatan – kegiatan usaha yang ditujukan untuk merencanakan, menentukan harga, mempromosikan dan mendistribusikan barang dan jasa yang dapat memuaskan kebutuhan baik kepada pembeli yang ada maupun pembeli potensial. (Definisi pemasaran menurut William J. Stanton yang dikutip oleh Swastha dan Handoko (2000: 4) )
- Proses sosial dan manajerial dimana individu dan kelompok mendapatkan kebutuhan dan keinginan mereka dengan menciptakan, menawarkan, dan menukarkan produk yang bernilai satu sama lain (Kotler (2000: 19)
Jadi dapat
diambil kesimpulan bahwa pemasaran adalah kegiatan atau proses menawarkan
barang kepada pembeli dengan cara menentukan penentuan harga,mempromosikan dan
mendistribusikan barang atau jasa kepada pembeli.
Dalam hal ini “RUMAH
MAKAN JAKARTA” merencanakan strategi pemasarannya sendiri yang terdiri dari unsur
4 P tersebut. Latar belakang berdirinya Rumah Makan Jakarta ini adalah pendiri Rumah
Makan Jakarta ingin memberikan kesan dan nama kepada masyarakat bahwa rumah
makan yang enak dan nikmat tidak harus mahal. Target pasar Rumah Makan Jakarta
adalah kalangan menengah. Karena Rumah Makan Jakarta menawarkan produk dengan
harga yang terjangkau oleh semua kalangan. Oleh karena itu Rumah Makan Jakarta
menargetkan kalangan menegah sebagai konsumen pontensial. Selain itu desain
dekorasi tempat pada Rumah Makan Jakarta ini sendiri dengan bergaya ala
restoran mewah dan elegan. Meski namanya Rumah Makan Jakarta menawarkan produk
dengan harga terjangkau tidak serta merta fasilitas dan pelayanan menjadi
minim, tetapi walaupun harga terjangkau pihak Rumah Makan Jakarta selalu
berusaha memberikan service excellent kepada semua pelanggan. Hal ini demi
terciptanya kepuasan pelanggan dan menarik loyalitas pelanggan pada produk Rumah
Makan Jakarta.
0 Komentar:
Posting Komentar