Minggu, 28 Desember 2014

Strategi apa yang akan anda gunakan jika memiliki sifat seperi saya ?




Ilustrasi strategi apa yang digunakan oleh perusahaan apabilla memiliki watak seperti saya
Watak Konsumen :
1.     Harga yang murah dan bersahabat.
2.    Tempat yang nyaman, sejuk dan bersih.
3.    Pelayanan dan servis yang ramah baik dan sopan.
4.    Kualitas barang atau jasa serta pelayanan yang baik.

 Strategi Penjualan Rumah Makan Jakarta.
Suatu perusahaan atau produsen dalam mendirikan dan menjalankan sebuah bisnis harus memiliki strategi untuk perkembangan dan kemajuan perusahaannya di masa yang akan datang. Strategi ini juga sangat berguna untuk menentukan apa produk yang akan dijual, dimana produk akan di pasarkan, berapa harga produk yang optimal, dan juga bagaimana cara promosi dari produk ini sendiri.
Dalam aktivitas memasarkan produk, pemasar membuat keputusan dan menggunakan berbagai kaedah untuk mendapatkan respon positif daripada pelanggan sasaran. Jerome McCarthy telah mengklasifikasikan kebanyakan kaedah tersebut kepada empat group utama iaitu Product, Price, Place & Promotion  yang merupakan Bauran Pemasaran yang biasa digunakan oleh pemasar. Bauran ini juga biasa disebut sebagai strategi pemasaran 4P.    

Untuk mencapai objektif pemasaran melalui strategi 4P, pemasar perlu memanipulasi dengan cara yang paling efektif di antara variables yang terdapat dalam bauran pemasaran tersebut supaya menghasilkan respon yang optima di kalangan pelanggan sasaran.

Secara ringkas, antara variables yang dimaksudkan bagi setiap P berkenaan ialah:


Product

Price

Place

Promotion
- Variety
- Quality
- Design
- Features
- Brand name
- Packaging
- Sizes
- Service/support     
- Returns/benefits
- Warranties

- List price
- Discounts
- Allowances
- Payment period
- Credit terms
- Channel
- Coverage
- Assortments
- Location
- Inventory
- Logistics
- Service level
- Sale promotion
- Advertisement
- Personal selling
- Public relations
- Message
- Media
- Budget


Menurut para ahli, Pemasaran adalah
  • Suatu sistem keseluruhan dari kegiatan – kegiatan usaha yang ditujukan untuk merencanakan, menentukan harga, mempromosikan dan mendistribusikan barang dan jasa yang dapat memuaskan kebutuhan baik kepada pembeli yang ada maupun pembeli potensial. (Definisi pemasaran menurut William J. Stanton yang dikutip  oleh Swastha dan Handoko (2000: 4) )
  • Proses sosial dan manajerial dimana individu dan kelompok mendapatkan kebutuhan dan keinginan mereka dengan menciptakan, menawarkan, dan menukarkan produk yang bernilai  satu sama lain (Kotler (2000:  19)
Jadi dapat diambil kesimpulan bahwa pemasaran adalah kegiatan atau proses menawarkan barang kepada pembeli dengan cara menentukan penentuan harga,mempromosikan dan mendistribusikan barang atau jasa kepada pembeli.
Dalam hal ini “RUMAH MAKAN JAKARTA” merencanakan strategi pemasarannya sendiri yang terdiri dari unsur 4 P tersebut. Latar belakang berdirinya Rumah Makan Jakarta ini adalah pendiri Rumah Makan Jakarta ingin memberikan kesan dan nama kepada masyarakat bahwa rumah makan yang enak dan nikmat tidak harus mahal. Target pasar Rumah Makan Jakarta adalah kalangan menengah. Karena Rumah Makan Jakarta menawarkan produk dengan harga yang terjangkau oleh semua kalangan. Oleh karena itu Rumah Makan Jakarta menargetkan kalangan menegah sebagai konsumen pontensial. Selain itu desain dekorasi tempat pada Rumah Makan Jakarta ini sendiri dengan bergaya ala restoran mewah dan elegan. Meski namanya Rumah Makan Jakarta menawarkan produk dengan harga terjangkau tidak serta merta fasilitas dan pelayanan menjadi minim, tetapi walaupun harga terjangkau pihak Rumah Makan Jakarta selalu berusaha memberikan service excellent kepada semua pelanggan. Hal ini demi terciptanya kepuasan pelanggan dan menarik loyalitas pelanggan pada produk Rumah Makan Jakarta.

0 Komentar:

Posting Komentar