Minggu, 04 November 2012

Soal Essay Ilmu Budaya Dasar



Soal Essay
1.      Mengapa kita harus mempelajari mata kuliah Ilmu Budaya Dasar ( IBD )  ?
Jawab: Dengan mendapat mata kuliah IBD mahasiswa diharapkan natinya memiliki latar belakang pengetahuan yang cukup luas tentang kebudaaan Indonesia pada umumnya dan menimbulkan minat mendalaminya lebih lanjut, agar dengan demikian mahasiswa diharapkan turut mendukung dan mengembangkan kebudayaannya sendiri dengan kreatif.

2.      Apa yang dimaksud dengan Ilmu Budaya Dasar ( IBD ) ?
Jawab: IBD adalah pengetahuan yang diharapkan dapat memberikan pengetahuan dasar dan pengertian umum tentang konsep-konsep yang diekembangkan untuk mengkaji masalah-masalah manusia dan kebudayaan.

3.      Apa yang dimaksud dengan ilmu alamiah ?
Jawab: Ilmu-ilmu alamiah bertujuan mengetahui keteraturan-keteraturan yang terdapat dalam alam semesta. Untuk mengkaji hal ini digunakan metode ilmiah. Caranya ialah dengan menentukan hukum yang berlaku mengenai keteraturan-keteraturan itu, lalu dibuat analisis untuk menentukan suatu kualitas. Hasil analisis ini kemudian digeneralisasikan. Atas dasar ini lalu dibuat prediksi. Hasil penelitian 100 5 benar dan 1005 salah

4.      Apa yang dimaksud dengan ilmu sosial ?
Jawab: ilmu-ilmu sosial bertujuan untuk mengkaji keteraturan-keteraturan yang terdapat dalam hubungan antara manusia. Untuk mengkaji hal ini digunakan metode ilmiah sebagai pinjaman dari ilmu-ilmu alamiah. Tapi hasil penelitiannya tidak 100 5 benar, hanya mendekati kebenaran. Sebabnya ialah keteraturan dalam hubungan antara manusia initidak dapat berubah dari saat ke saat.

5.      Jelaskan tujuan Ilmu Budaya Dasar ( IBD ) ?
Jawab: IBD semata-mata sebagai salah satu usaha untuk mengembangkan kepribadian mahasiswa dengan cara memperluas wawasan pemikiran serta kemampuan kritikalnya terhadap nilai-nlai budaya, baik yang menyangkut orang lain dan alam sekitarnya, maupun yang menyangkut dirinya sendiri.

6.      Sebutkan pokok-pokok bahasan yang dikembangkan oleh IBD ?
Jawab: . Manusia dan cinta kasih, Manusia dan Keindahan, Manusia dan Penderitaan, Manusia dan Keadilan, Manusia dan Pandangan hidup, Manusia dan tanggungjawab serta pengabdian,  Manusia dan kegelisahan, Manusia dan harapan




7.      Jelaskan yanmg dimaksud dengan manusia adalaha makhluk sosial ?
Jawab: Manusia sebagai makhluk sosial, tidak lepas dari kebudayaan yang merupakan salah satu ciri khas dari makhluk sosial. Budaya merupakan hasil interaksi antara manusia dengan segala sesuatu yang ada di sekitarnya.

8.      Jelaskan definisi dari manusia ?
Jawab: Manusia sebagai makhluk individu memiliki unsur jasmani dan rohani, unsur fisik dan psikis, unsur raga dan jiwa. Seseorang dikatakan sebagai manusia individu manakala unsur-unsur tersebut menyatu dalam dirinya. Jika unsur tersebut sudah tidak menyatu lagi maka seseorang tidak disebut sebagai individu. Dalam diri individi ada unsur jasmani dan rohaninya, atau ada unsur fisik dan psikisnya, atau ada unsur raga dan jiwanya. Menurut kodratnya manusia adalah makhluk sosial atau makhluk bermasyarakat, selain itu juga diberikan yang berupa akal pikiran yang berkembang serta dapat dikembangkan.

9.      Jelaskan pengertian budaya ?
Jawab: Budaya atau kebudayaan berasal dari bahasa Sansekerta yaitu buddhayah, yang merupakan bentuk jamak dari buddhi (budi atau akal) diartikan sebagai hal-hal yang berkaitan dengan budi dan akal manusia. Kebudayaan sangat erat hubungannya dengan masyarakat.

10.  Jelaskan apa yang dimaksud dengan norma ?
Jawab:  Norma adalah sebagai tingkah laku rata-rata, tingkah laku khusus atau yang selalu dilakukan berulang – ulang. Kehidupan manusia sellau ditandai oleh norma sebagai aturan sosial untuk mematok perilaku manusia yang berkaitan dengan kebaikan bertingkah lak, tingkah laku rata-rata atau tingkah laku yang diabstaksikan. Oleh karena itu dalam setiap kebudayaan dikenal norma-norma yang ideal dan norma-norma yang kurang ideal atau norma rata-rata.


11.  Jelaskan apa yang dimaksud dengan nilai ?
Jawab: Nilai adalah konsep-konsep abstrak yang dimiliki oleh setiap individu tentang apa yang dianggap baik atau buruk, benar atau salah, patut atau tidak patut.

12.   Jelaskan apa yang dimaksud dengan kepercayaan ?
Jawab: Kepercayaan / keyakinan adalah hal yang merupakan konsep manusia tentang segala sesuatu di sekelilingnya. Jadi kepercayaan / keyakinan itu menyangkut gagasan manusa tentang individu, orang lain, serta semua aspek yang berkaitan dengan biologi, fisik, sosial, dan dunia supernatural.

13.  Jelaskan apa yang dimaksud dengan Bahasa ?
Jawab: Bahasa adalah  system kodifikasi kode dan symbol baik verbal maupun non verbal, demi keperluan komunikasi manusia.
14.  Sebutkan wujud – wujud kebudayaan ?
Jawab: Variabel Gaya Pribadi, Etniosentrisme, Empati, Kompleksitas Kognitif

15.  Jelaskan mengapa manusia dengan kebudayaan saling berhubungan ?
Jawab: Manusia dan Kebudayaan itu saling berhubungan tanpa adanya manusia, maka kebudayaan tidak akan terbangun.begitu juga dengan kebudayaan. manusia dan kebudayaan dapat berubah dengan cara mengadopsi kebudayaan kebudayaan bangsa lain. sehingga dapat membentuk atau memadu suatu kebudayaan dari negara-negara lain.

16.  Sebutkan beberapa manfaat budaya bagi manusia ?
Jawab: Saling hubungan pedoman antarmanusia atau kelompoknya, Wadah untuk menyalurkan perasaan-perasaan dan kemampuan-kemampuan lain, Sebagai pembimbing kehidupan dan penghidupan manusia, Pembeda manusia dan binatang.

17.  Apa itu pengertian sastra ?
Jawab: Kesusastraan : susastra + ke – an su + sastra su berarti indah atau baik sastra berarti lukisan atau karangan Susastra berarti karangan atau lukisan yang baik dan indah. Kesusastraan berarti segala tulisan atau karangan yang mengandung nilai-nilai kebaikan yang ditulis dengan bahasa yang indah.

18.  Jelaskan pengertian dari seni ?
Jawab: Seni pada mulanya adalah proses dari manusia, dan oleh karena itu merupakan sinonim dari ilmu. Dewasa ini, seni bisa dilihat dalam intisari ekspresi dari kreatifitas manusia. Seni sangat sulit untuk dijelaskan dan juga sulit dinilai, bahwa masing-masing individu artis memilih sendiri peraturan dan parameter yang menuntunnya atau kerjanya, masih bisa dikatakan bahwa seni adalah proses dan produk dari memilih medium, dan suatu set peraturan untuk penggunaan medium itu, dan suatu set nilai-nilai yang menentukan apa yang pantas dikirimkan dengan ekspresi lewat medium itu, untuk menyampaikan baik kepercayaan, gagasan, sensasi, atau perasaan dengan cara seefektif mungkin untuk medium itu.

19.  Jelaskan hubungan sastra dan seni dengan ilmu budaya dasar  ?
Jawab: Masalah sastra dan seni sangat erat hubungannya dengan ilmu budaya dasar, karena materi – materi yang diulas oleh ilmu budaya dasar ada yang berkaitan dengan sastra dan seni.Budaya Indonesia sanagat menunjukkan adanya sastra dan seni didalamnya.






20.  Jelaskan yang dimaksud dengan prosa ?
Jawab:  Prosa adalah suatu jenis tulisan yang dibedakan dengan puisi karena variasi ritme (rhythm) yang dimilikinya lebih besar, serta bahasanya yang lebih sesuai dengan arti leksikalnya. Kata prosa berasal dari Bahasa Latin "prosa" yang artinya "terus terang". Jenis tulisan prosa biasanya digunakan untuk mendeskripsikan suatu fakta atau ide. Karenanya, prosa dapat digunakan untuk surat kabar, majalah, novel, ensiklopedia, surat, serta berbagai jenis media lainnya.prosa juga dibagi dalam dua bagian,yaitu prosa lama dan prosa baru,prosa lama adalah prosa bahasa indonesia yang belum terpengaruhi budaya barat,dan prosa baru ialah prosa yang dikarang bebas tanpa aturan apa pun. Prosa biasanya dibagi menjadi empat jenis: prosa naratif, prosa deskriptif, prosa eksposisi, dan prosa argumentatif. Prosa kadangkala juga disebut dengan istilah "gancaran".

21.  Sebutkan Jenis – jenis prosa ?
Jawab:  Dongeng, Cerpen, Novel, Biografi, Esai, Kritik, Artikel


22.  Jelaskan pengertian prosa fiksi ?
Jawab: Prosa Fiksi adalah kisahan atau cerita yang diemban oleh pelaku-pelaku tertentu dengan pemeranan, latar, serta tahapan dan rangkaian cerita tertentu yang bertolak dari hasil imajinasi pengarangnya sehingga menjalin suatu cerita.

23.  Jelaskan apa yang dimaksud dengan puisi ?
Jawab: Puisi adalah seni tertulis di mana bahasa digunakan untuk kualitas estetiknya untuk tambahan, atau selain arti semantiknya. Baris-baris pada puisi dapat berbentuk apa saja (melingkar, zigzag, dll). Hal tersebut merupakan salah satu cara penulis untuk menunjukkan pemikirannnya. Puisi kadang-kadang juga hanya berisi satu kata/suku kata yang terus diulang-ulang


24.  Sebutkan figur figur bahasa yang dipakai penyair dalam membangun puisi ?
Jawab: Figura bahasa ( figurative language ) seperti gaya personifikasi, metafora, perbandingan, alegori, dan sebagainya sehingga puisi menjadi segar, hidup, menarik dan member kejelasan gambaran angan.

25.  Sebutkan macam macam prosa lama ?
Jawab: Pantun, Gurindam, Mantera, Talibun, Sage

0 Komentar:

Posting Komentar